Searching...
30 Mar 2015

3 Golongan Manusia Dalam Menuntut Ilmu

Senin, Maret 30, 2015
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Rasulullah SAW bersabda "Barang siapa yang bertambah ilmunya, namun tidak bertambah hidayah (bagi)-nya, maka ia (sebenarnya) tidak mendapat apa-apa dari Allah selain kejauhan".

Dikutip dari buku yang baru saya baca dengan judul Al-Ghazali "Menggapai Hidayah". Hakikatmya terdapat 3 Golongan Manusia Dalam Menuntut Ilmu yaitu:

Pertama : Orang menuntut ilm sebagai bekal hari kebangkitan, untuk mencari ridha Allah semata dan kebahagiaan di Akhirat, Mereka ini termasuk golongan orang-orang yang beruntung.

kedua : Orang yang menuntut ilmu agar dapat membantunya dalam menempuh kehidupan yang sesaat dan sebagai sarana untuk mendapatkan kehormatan, jabatan dan kekayaan. Ia adalah orang alim yang menyadari akan kenistaan ilmunya. Mereka termasuk golongan yang menantang bahaya. Jika maut terlajur menjemputnya sebelum ia bertaubat ia dikhawatirkan mati dalam keadaan su' al-khotimah. Namun jika ia bertaubat sebelum ajal menjemputnya, kemudian mengamalkan ilmunya serta menutupi segalah celah kekurangannya, maka ia akan menyusul orang-orang yang beruntung.

ketiga : Orang yang terbujuk setan dalam menuntut ilmu, kemudian menjadikan ilmunya sebagai media untuk mengeruk kekayaan, berbangga dengan jabatan, dan gila hormat karna memiliki pengikut dan murid. Dengan ilmunya dia memasuki setiap gerbang pelampiasan segala nafsu keduniaan. meski demikian dia merasa mamiliki tempat terhrmat disisi Allah dengan atribut sebagai ulama, lengkap dengan performa seragam dan logika. Mereka inilah orang-orang bodoh yang terpedaya. Segala kemungkinan bertaubat sudah terputus, karna mereka tidak merasa jelek dan menyangka diri mereka sebagai orang-orang yang baik. mereka lupa akan firman Allah, "Hai orang-orang yang beriman mengapa kamu katakan apa yang tidak kamu lakukan." (Q.S. as-saff [61] : 2) dan mereka termasuk golongan yang diindikasikan oleh Nabi SAW dalam sabda "Selain Dajjal ada yang lebih aku takutkan atas kalian sekalian." sahabat bertanya "apa itu ya Rasulullah..?" Rasulullah menjawab "Ulama Su' (kaum pintar yang bobrok).

Oleh karna itu, untuk para penuntut ilmu, jadilah golongan yang pertama dan berhati-hatilah jangan sampai termasuk kedalam golongan yang kedua karna banyak yang menunda taubat tiba-tiba dijemput maut. Dan jangan sampai menjadi golongan yang ketiga, karna hanya akan menemui kebinasaan tanpa ada harapan memperoleh kebahagiaan atas segala kebahafian kalian.

Jadi buat sohib sekalian itulah kutipan buku yang ane baca tentang 3 Golongan Manusia Dalam Menuntut Ilmu,, mudah-mudahan bermanfaat, semgoa kita termasuk dalam golongan yang pertama dan Semoga Allah selalu memberi hidayah kepada kita di setiap bertambahnya ilmu yang kita dapat. "Aamiinnn."

biasakan diri untuk berbagi ilmu dan kebahagiaan :)

 Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar